Kamis, 28 Juli 2011

Menggapai Keutamaan Ramadhan



Marhaban Ya Ramadhan...
Alhamdulillah tahun ini dan sebentar lagi kita Umat Islam akan kedatangan tamu yang sangat agung dan mulia. Yaitu bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi insyaallah akan datang, dan kita Umat Islam di wajibkan untuk berpuasa dibulan Ramadhan itu. Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur'an yang artinya :
" Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa ". (Qs. Al Baqarah : 183)

Dan sabda Rasulullah Saw dari Abu Hurairah r.a yang artinya : " Barang siapa shaum (puasa) karena keimanan kepada Allah dan hanya mengharapkan ridho-Nya, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu ". (HR. Bukhori)
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dari Allah Swt, bulan yang penuh barakah. Marilah kita bersihkan hati, niatkan hati dengan ikhlas untuk melaksanakan shaum karena mengharap ridho dari Allah Swt. Saudaraku ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang Shaum Ramadhan :
1. Definisi Shaum
Shaum adalah menahan diri dari sesuatu, yaitu makan, minum, dan berhubungan suami-istri, dari waktu fajar sampai maghrib dengan niat ikhlas karena Allah Swt.
2. Tujuan Shaum adalah agar menjadi orang yang bertakwa kepada Allah Swt (QS. Al Baqarah : 183)
3. Keutamaan Shaum Ramadhan adalah seperti terdapat dalam sabda Rasulullah : " Setiap amal baik anak Adam baginya, kecuali shaum/puasa, maka sesungguhnya shaumnya untuk-Ku (Allah) dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan shaum itu perisai, maka apabila seseorang di antara kalian shaum janganlah berkata-kata kotor dan dusta. Maka jika seseorang mencacinya atau mencelanya, maka hendaknya ia berkata : sesungguhnya aku diperintahkan shaum. Dan Dzat yang diri Muhammad di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang shaum itu lebih harum di sisi Allah dari pada baunya minyak wangi misik. Bagi orang yang shaum ada dua kebahagiaan, kebahagia saat berbuka dan kebahagiaan dengan puasanya saat berjumpa dengan Tuhannya ". (HR. Bukhori dari Abu Hurairah r.a)
Adapun amalan-amalan yang biasa dilakukan oleh Rasulullah di bulan Ramadhan adalah Sbb :
1. Beliau selalu membaca Al Qur'an / bertadarus Al Qur'an pada bulan Ramadhan
2. Beliau gemar bersodaqoh terutama di bulan Ramadhan
3. melakukan sholat taraweh / Qiyamul lail. dan masih banyak lagi amalan-amalan yang biasa dilakukan Rosulullah Saw...saudara-saudaraku seiman marilah kita persiapkan diri, sucikan hati untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan nanti dengan penuh kegembiraan, mudah-mudahan amal ibadah kita nanti di bulan Ramadhan di terima oleh Allah Swt amiin....wasallam.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar